Cara Instalasi Saklar Otomatis AR 003 dan AR 004

Cara Instalasi Saklar Lampu Otomatis   Tipe AR-04 dan AR-03

 

SAKLAR LAMPU OTOMATIS

 Tipe AR-04

 

Tipe AR-04 adalah sensor inframerah generasi baru yang dikembangkan untuk keperluan penghematan energy listrik. Alat ini menggunakan aplikasi sensor inframerah untuk mendeteksi setiap pergerakan yang diaplikasikan untuk mematikan dan menghidupkan peralatan listrik seperti lampu atau kipas angin.

 Saklar otomatis ini dilengkapi dengan 3 jenis sensor yaitu Sensor Gerak ,Sensor Cahaya, Sensor Suara. Masing-masing sensor bekerja secara bersamaan untuk tujuan mematikan dan menyalakan peralatan listrik.

Spesifikasi:

Catu Daya: 220V/AC~240V/AC               

Jangkauan Deteksi: 10±2m max (22℃)

Sudut Pendeteksian: 140°

Kontrol Cahaya: 3lux~2000lux (adjustable)

Waktu tunggu: 10±5sec~8±2min(adjustable)                

Beban : 600W(220V/AC~240V/AC)

Frekuensi: 50/60 Hz

Tinggi instalasi: 0.4m~1.8m            

Konsumsi Daya: 0.45W (static 0.1W)

Kecepatan Pendeteksian: 0.6~1.5m/s

Pengaturan Sensitifitas Suara: 30db~90db(adjustable)

Kelembaban: <95℅RH

Temperatur: -10~+40℃

 

FUNGSI:

  • Multi Fungsi: mempunyai fungsi ON dan Off, Pengontrol Cahaya, Pengontrol Suara sensitifitas tinggi, jarak jauh, jangkauan fungsi infrared lebih lebar.
  • Kemudahan: Dengan pengontrolan Cahaya alat ini dapat mengontrol suara dan gerak. Alat ini dapat bekerja dengan kondisi pencahayaan ruangan yang terang,gelap atau minim. Waktu tunggu dapat diatur sesuai kebutuhan, pengontrolan induksi infrared dan sesitifitas
  • Instalasi mudah: Cara pemasangan dapat dilakukan dengan model sirkular atau model kuadrat persimpangan kotak. Dan dapat disambung secara paralel dengan lampu atau beban lain.
  • Multi mode kerja: Anda dapat memilih posisi ON, OFF, Deteksi inframerah, Deteksi inframerah + pengontrolan mode suara. Apabila anda memilih  Deteksi Inframerah + Pengontrol mode suara maka lampu akan otomatis hidup ketika ada suara ketukan di pintu rumah atau suara barang jatuh pada saat malam hari, maka lampu secara otomatis akan hidup.

 

Horizontal
Mendeteksi pergerakan secara Horizontal

 

                   

Pemasangan-Instalasi:

  • Matikan listrik PLN
  • Kendurkan sekrup sambungan di bagian bawah sensor, pasang kabel kawat kedalam lubang koneksi yang ada, kencangkan sekrup;
  • Buka bagian penutup atas saklar, yang menghubungkan penutup dengan body saklar, coba pengaturan kesensitivan suara dan cahaya;
  • Hidupkan listrik dan lakukan pengujian.

 

instalasi 1

 

Skema instalasi

Saklar otomatis ar04

Pengujian:

  • Setel saklar fungsi untuk “ON”, “MIC” berlawanan arah jarum jam untuk minimum; “LUX” searah jarum jam maksimal; “TIME” berlawanan arah jarum jam untuk minimum;
  • Hidupkan listrik dan lampu harus hidup;
  • Setel saklar fungsi untuk “OFF” setelah 30 detik, lampu harus mati, semua fungsi harus dalam kondisi mati;
  • Setel saklar fungsi untuk “AUTO” setelah 30 detik, lampu induktor akan  hidup setelah 20sec ketika ada sinyal induktor apakah lampu menyala atau tidak. Dalam kondisi sinyal induktor, lampu seharusnya mati dalam waktu 10 ~ 13sec. Atur “LUX” ke minimum, setelah itu mati saat ada kondisi sinyal induktor, lampu seharusnya mati di siang hari, tetapi jika Anda menggunakan objek buram untuk menutupi sensor, lampu seharusnya hidup, kemudian akan mati  dalam waktu 10 ~ 13sec;
  • Setel saklar fungsi untuk “AUTO”, “LUX” secara maksimal, “MIC” maksimal, maka sensor dalam deteksi inframerah + mode kontrol suara, tutup area sensor, jika lampu menyala, ketika ada kondisi sinyal induktor , lampu harusnya mati setelah 10 ~ 13sec, setelah 5sec jika Anda bertepuk tangan, lampu harus menyala, kemudian setelah 5 ~ 10 detik (tidak ada sinyal induktor).

Catatan:

  • Untuk pemasangan harus dilakukan oleh yang sudah berpengalaman.
  • Harap dipastikan tidak ada benda,debu kotoran yang menghalangi permukaan sensor;
  • Hindari pemasangan diarea yang temperatur tidak stabil, udara yang tidak stabil, alat pemanas dan benda lain yg temperaturnya berubah-ubah;
  • Jangan membuka penutup sensor pada saat kondisi sensor sedang hidup;
  • Apabila ada perbedaan produk dan penjelasan disini harap mengkonfirmasikannya.
  • Harap memastikan tidak memasang alat ini pada area yang banyak dilalui oleh hewan seperti kucing,anjing dan hewan lain, karena pergerakannya akan mengaktifkan lampu.

 

——-**——-

Cara Instalasi Saklar Lampu Otomatis Tipe AR-03

SAKLAR OTOMATIS CEILING

Tipe AR-03

(Infrared Motion switch)

 

saklar otomatis ar003

 Alat ini adalah sensor inframerah yang mendeteksi pergerakan dengan pancaran panas tubuh untuk mengaktifkan lampu,kipas, dll. Prinsip kerja alat ini adalah untuk penghematan energy listrik yang tidak dipakai sesuai kebutuhannya. Alat ini dilengkapi dengan 2 jenis sensor yaitu sensor Gerak (PIR-InfraRed) dan Sensor Cahaya (LDR).

Fungsi Sensor gerak adalah untuk mendeteksi pergerakan untuk mengaktifkan Lampu dan fungsi Sensor cahaya adalah untuk mendeteksi cahaya di ruangan yang diperlukan untuk mematikan Lampu. Apabila kita perlu untuk penerangan ruangan hanya pada saat gelap maka Sensor cahaya di atur (LUX) sehingga lampu hanya berfungsi pada saat gelap. Dan sebaliknya apabila membutuhkan lampu selalu hidup walau siang hari (Terang) maka sensor di atur ke posisi terang (Sun).

Specification:

Power Source: 110-130V/AC  220~240V/AC

 Power Frequency: 50/60Hz                                

Rated Load:  1200W (incandescent lamp)    
                    300W (Energy Saving Lamp

Detection Range: 120°   × 360°.

Detection Distance: max.6m (<24℃).

Time Delay: 10sec±5sec to 7min± 2min (adjustable) .

Ambient Light: <3LUX~2000LUX(adjustable) .

Detection Motion Speed: 0.6~1.5m/s .

Working Temperature:-10℃~+40℃ .

Working Humidity:<93%RH.Installation Height: 2.2-4m   .

Compatible with various of Lamp, alarm, Fan, etc

 

Cara Instalasi-Pemasangan

skema instalasi 03

 

 Saklar Sensor PIR-Instalasi

  

skema instalasi 03a

 

cara kerja saklar AR-03

Cara instalasi:

1. Lobangi Plafon dengan ukuran sisi belakang saklar diamaetr 64mm.

2. Pasang kabel sesuai gambar diatas L,N, L1 (Out), pasang kembali penutup kabel saklar.

3. Setelah kabel terpasang dan  masuk kelobang saklar, angkat 2 (dua) kawat arah keatas(gambar poin 4), setelah masuk kedalam plafon lepaskan pelan kawat terbut, saklar akan terjepit diplafon Anda.

PENGUJIAN:

1. Putar switch “TIME” berlawanan arah jarum jam untuk posisi minimum dan putar switch “LUX” searah jarum jam untuk posisi maximum (Terang-☼)

2. Pasang kabel sesuai gambar, dan hidupkan listrik. Saklar akan melakukan pemanasan,setelah 30 detik saklar akan dalam posisi siap bekerja.

3. Setelah 5-10 detik Lampu akan mati dan siap untuk mengaktifkan sensor gerak

4. Pada pengujian siang hari dan posisi LUX diatur ke posisi Bulan (☾) maka tutup area sensor untuk menghidupkan lampu dan untuk posisi Matahari (☼) tidak perlu untuk menutup sensor pada saat pengujian.

5. Pada saat pengujian dan lampu hidup, maka lampu akan mati setelah 5-15 detik.Dan harap dipastikan bahwa lampu akan mati apabila tidak mendeteksi adanya pergerakan di sekitarnya atau di area sensor

Catatan:

1. Harap Dipastikan bahwa ruangan bebas dari hewan peliharaan, karena ketika ada pergerakan hewan di dalam ruangan,maka lampu akan hidup.

2. Hindari pemasangan alat dekat dengan peralatan yang menghasilkan panas, karena akan mengacaukan pendeteksian sensor InfraRed.

PERINGATAN:

Apabila tidak memahami instalasi tersebut silahkan cari ahli atau yang memahami sistem kelistrikan.