Pemahaman Apa itu Kartu Proximity?

Pemahaman Apa itu Kartu Proximity

Kartu Proximity  adalah smart card yang dapat dibaca tanpa memasukkan kedalam perangkat pembaca, seperti yang dipersyaratkan oleh generasi sebelumnya seperti kartu strip magnetik yang terdapat dalam  kartu kredit . Untuk menggunakannya, kartu proximity hanya mendekatkan saja ke  sebuah pembaca elektronik (reader) sejenak. Reader biasanya menghasilkan bunyi bip atau suara lainnya untuk menunjukkan kartu telah dibaca. Kartu proximity biasanya memiliki jangkauan sekitar 5 cm atau 2 inci untuk terbaca oleh reader. Kartu ini sangat sederhana dan sering dibiarkan dalam dompet atau tas  dan membacakan ke reader  hanya memegang dompet atau tas dekat ke readernya. Istilah “kartu proximity” dapat merujuk pada perangkat  yang lebih tua yaitu 125 KHz dan terbarunya adalah 13,56 MHz sering disebut “smartcard contactless” atau smart card .

Kartu proximity  dapat menyimpan data lebih dari satu kartu strip magnetik , misalnya saldo dana elektronik, dan sebagainya dapat digunakan untuk pembayaran contactless sistem. Banyak bank-bank besar yang menawarkan kartu tersebut.

proximity
Accses Control

Jenis Kartu Proximity Menurut Sifatnya.

Kartu pasif

Kartu pasif, jenis yang lebih banyak digunakan dan didukung oleh frekuensi radio sinyal dari perangkat pembaca (reader) dan memiliki rentang yang terbatas dan harus dipegang dekat dengan unit pembaca.  Dapat digunakan sebagai kartu kunci untuk kontrol akses pintu di gedung-gedung perkantoran, kartu perpustakaan , pembayaran contactless sistem, dan angkutan umum seperti kartu tarif.

 

Kartu Aktif

Kartu aktif, kadang-kadang disebut kartu sekitar (vinicity card) , yang didukung oleh baterai lithium internal. Kartu dapat memiliki rentang yang lebih besar, hingga mencapai 150 meter dan sering digunakan untuk aplikasi dimana kartu dibaca dari dalam kendaraan, seperti gerbang keamanan yang terbuka ketika kendaraan dengan kartu akses dalam jarak dekatnya, atau koleksi tol otomatis. Namun baterai dapat habis kartu harus diganti setelah 5 sampai 7 tahun.

element rfid

 

Metode Operasi

Kartu dan unit pembaca berkomunikasi satu sama lain melalui medan frekuensi radio baik 125 kHz, atau 13,56 MHz untuk kartu baru, dengan proses yang disebut perpindahan energi resonansi . Kkartu pasif memiliki tiga komponen, disegel di dalam plastic yaitu antena yang terdiri dari gulungan kawat, sebuah kapasitor , dan sirkuit terpadu (IC), yang berisi nomor ID pengguna atau data lainnya. Unit pembaca memiliki antena sendiri, yang terus menerus mentransmisikan jarak dekat lapangan frekuensi radio.

Ketika kartu ditempatkan kedalam jangkauan pembaca, kumparan antena dan kapasitor, yang membentuk sirkuit tuned , menyerap dan menyimpan energi dari lapangan, beresonansi seperti versi listrik dari garpu tala . Energi ini diperbaiki untuk mengarahkan arus yang kekuatan sirkuit terpadu. Chip mengirimkan nomor ID atau data lain ke koil antena, yang memancarkan sinyal dengan frekuensi radio kembali ke unit pembaca. Cek pembaca apakah nomor ID dari kartu sudah benar, dan kemudian melakukan fungsi apa pun telah diprogram untuk melakukan. Karena semua energi untuk menyalakan kartu berasal dari unit pembaca, kartu pasif harus dekat dengan pembaca untuk fungsi, dan hanya memiliki rentang yang terbatas.

Kartu aktif mengandung datar sel lithium selain komponen di atas. Sirkuit terpadu berisi penerima yang menggunakan daya baterai untuk memperkuat sinyal dari unit pembaca sehingga lebih kuat, sehingga dapat mendeteksi pembaca pada jarak yang lebih besar lagi. Baterai juga kekuatan pemancar sirkuit dalam chip yang mengirimkan sinyal kuat kembali untuk menutupi jarak yang lebih jauh.

 

 element proximity

Standar

Kartu proximity modern dicakup oleh ISO / IEC 14443 (kartu proximity) standar. Ini mendefinisikan dua jenis kartu (“A” dan “B”, dengan berbagai protokol komunikasi ), yang biasanya memiliki jangkauan hingga 10 cm (4 inci). Ada juga terkait ISO / IEC 15693 vinicity card ( sekitar card ) standar, yang biasanya bekerja sampai jangkauan yang lebih panjang dari 50 cm (19 inci)

Readers berkomunikasi dalam berbagai protokol, misalnya protokol Wiegand yang terdiri dari data 0 dan data 1 sirkuit (atau biner atau sederhana on / off (digital) jenis sirkuit). Kartu awal adalah 26 bit. Sebagai permintaan meningkat ukuran bit telah meningkat untuk terus memberikan nomor unik. Seringkali, pertama beberapa bit dapat dibuat identik; ini disebut fasilitas atau kode situs. Idenya adalah bahwa perusahaan A memiliki kode fasilitas xn dan satu set kartu dari 0001 sampai 1000 dan perusahaan B memiliki kode fasilitas yn dan kartu set juga dari 0001 sampai 1000. Sistem Penomoran secara internasional harmonis dan dialokasikan oleh berbasis Belanda Nen (pendaftaran otoritas) sebagai internasional otoritas pendaftaran sesuai dengan ISO / IEC 6523 dan ISO / IEC 15459 standar.

Translate oleh Pindobirds.net

Pemahaman Apa itu Kartu Proximity 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *