Perbedaan Saklar Otomatis Tipe AR003 dan Saklar Otomatis Tipe AR004

Perbedaan Saklar Otomatis

Kami memiliki 2 type saklar otomatis yang dapat anda  pilih untuk digunakan dalam berbagai ruangan  anda. Yaitu saklar otomatis type PIR Motion  AR003 dan  Type  Wallmount AR004. Kedua type ini memiliki perbedaan baik dari jumlah sensor dan tempat pemasangannya. Tapi kedua saklar ini dapat dipasang dirumah, di kantor, di sekolah, di pabrik, digudang, dijalan atau dimana saja anda ingin pasang sesuai keinginan kita. 

Saklar Otomatis type AR003 dan type AR004
Saklar Otomatis type AR003 dan type AR004

Cara pemasangan dan cara kerja saklar otomatis

Kedua saklar otomatis tidaklah sulit untuk memasangnya, bagi yang paham sedikit tentang listrik dan instalasi tidak akan bingung. Dan jikalau anda masih bingung kami akan membantu cara kerja dan pemasangan alat ini. Dan disetiap pembelian produk kami ini, kami juga mengirimkan dan  memasukkkan panduan instalasi dalam boxnya.

instalasi saklar ar03
Contoh instalasi AR003

Kedua type saklar otomatis ini memiliki sedikit perbedaan, yaitu untuk type AR004  memiliki sensor suara. Apa kelebihan menggunakan sensor suara? akan kami paparkan dibawah ini.

Type Saklar Otomatis -PIR Motion AR003

Untuk type ini contoh pemasangan di kamar mandi, apabila kita masuk kekamar mandi lampu akan menyala tanpa menekan lagi saklar manual. Selama kita bergerak dalam ruangan tersebut lampu akan tetap menyala. Sensor  akan mendeteksi gerakan terakhir kita dan menghitung jarak waktu tunggu menyala sesuai pengaturan  mulai dari 10 detik sampai 7 menit dan selama itu juga lampu akan tetap menyala. Apabila kita meninggalkan ruangan tersebut sesuai waktu tunggu menyala akan padam sendirinya. Untuk ruangan yang terang misalnya alat ini pasang diteras maka siang hari sensor ini tidak akan menyalakan lampu walaupun ada gerakan disekitar sensor. Untuk kesensitifan cahaya dapat diatur mulai 3LUX sampai 2000LUX.

Dan perlu diketahui saklar yang manual tidak perlu dicabut dan dapat dibiarkan karena tempat pemasangan tipe ini ditempatkan di langit-langit atau plafon disekitar lampu. Jarak ideal antara lampu dengan saklar otomatis antara 40 cm sampai 200 cm.

 skema intalasi ar04

Type Saklar Otomatis -Wallmount AR004

Untuk type ini contoh pemasangan di ruang tamu, ruangan yang dipasang alat ini akan mendeteksi gerakan dan  suara. Selama kita bergerak dan bersuara dalam ruangan tersebut lampu akan tetap menyala. Sensor  akan mendeteksi gerakan atau suara terakhir kita dan menghitung jarak waktu tunggu menyala sesuai pengaturan  mulai dari 10 detik sampai 8 menit dan selama itu juga lampu akan tetap menyala. Untuk kesensitifan suara dapat diatur 30db sampai 90db dan kesensitifan cahaya 3LUX sampai 2000LUX.

Sensor suara tidak hanya mendeteksi suara manusia saja, sensor otomatis ini dapat mendeteksi suara berupa barang jatuh, siulan, tepuk tangan, suara musik, suara ketukan pintu atau suara tertawa dan menangis. Kelebihan type ini di sensor suaranya, sensor akan mendeteksi gerakan atau suara mana lebih yang lebih dulu. Jadi bisa saja sensor geraknya belum mendeteksi tetapi suara sudah, atau sebaliknya maka lampu akan menyala.

Untuk ruangan yang terang atau siang hari, misalnya alat ini pasang diteras maka siang hari sensor ini tidak akan menyalakan lampu walaupun ada gerakan  atau suara disekitar saklar otomatis.

Tempat pemasangan type AR004 ini adalah menggantikan saklar manual, saklar manual dicopot dan digantikan dengan alat ini. Kelebihan lain pada  tipe ini adalah dilengkapi tombol  Otomatis-On-Off. Jadi apabila kita tidak ingin menggunakan fungsi sensornya kita juga dapat memilih fungsi seperti saklar manual, kita dapat memilih dan menggeser tombol ke ON untuk menghidupkan lampu dan menggeser tombol ke Off untuk mematikan lampu. Dengan menggeser tombol  ke On dan Off , berarti saklar otomatis atau sensor sama sekali tidak berfungsi.

 

ar04

 

Demikian sedikit informasi Perbedaan Saklar Otomatis  AR03 dengan AR04

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *